Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak sengaja menghapus foto atau video WhatsApp

Ada masalah yang jelas dengan penyimpanan seluler karena WhatsApp. Fakta bahwa ia mengunduh semua konten secara otomatis, menghapus foto atau video yang kita terima dapat berguna untuk menghindarinya, tetapi juga merupakan kesalahan yang hampir fatal jika kita tidak sengaja menghapus sesuatu atau menyesalinya di kemudian hari.

Untungnya ada cara untuk memulihkan file WhatsApp yang terhapus. Dan ya, yang pertama adalah meminta orang lain untuk mengirimkannya kepada Anda, tetapi itu tidak selalu yang paling nyaman atau tercepat, jadi dalam posting ini kami akan mengeksplorasi opsi lain apa yang ada, baik di iOS maupun Android .

Periksa galeri ponsel atau obrolan kontak

Fakta bahwa video atau foto dihapus dari obrolan WhatsApp atau dari galeri telepon tidak secara langsung berarti bahwa itu dihapus dari yang lain. Hal yang sama terjadi secara terbalik. Jadi jika Anda menghapus file percakapan , Anda dapat pergi ke galeri foto ponsel dan mencarinya di sana. Baik di iPhone atau ponsel Android, biasanya disimpan dalam album bernama WhatsApp .

Jika Anda berada dalam situasi sebaliknya dan Anda menghapusnya dari galeri , Anda dapat kembali ke obrolan tempat Anda awalnya menerima foto atau video untuk melihat apakah masih ada. Biasanya akan muncul piksel dan unduhan tertunda, jadi Anda harus mengunduhnya lagi dan Anda bahkan mungkin harus menyimpannya secara manual.

Cari di file internal ponsel (Android)

Meskipun iPhone dilengkapi dengan aplikasi manajemen file asli, ini sangat terbatas dan tidak ada metode yang efektif untuk mencari melalui file sistem. Di Android dimungkinkan dan ada kemungkinan bahwa, meskipun foto atau video tidak muncul di galeri Anda, itu ada di antara folder internal telepon.

Untuk penjelajahan ini, aplikasi asli apa pun yang dibawa ponsel Android Anda untuk mengelola file, meskipun salah satu yang paling sederhana dan paling universal adalah Google Files . Setelah Anda membukanya, Anda harus pergi ke tab Jelajahi dan, di bagian bawah, masukkan Penyimpanan Internal . Folder utama yang harus dicari di sini adalah WhatsApp dan di dalamnya, Media .

Setelah Anda berada di folder Media itu, Anda akan menemukan banyak folder lain, di antaranya Anda harus memilih salah satu yang paling sesuai dengan konten yang dihapus. Misalnya, jika itu GIF, itu harus di WhatsApp Animated Gifs , jika itu foto di Gambar WhatsApp , jika itu adalah video di Video WhatsApp , dll. Jika mereka masih dalam penyimpanan internal, Anda tidak harus mencarinya di Terkirim , karena itu adalah yang Anda kirim dan bukan yang diterima.

Pulihkan foto atau video di WhatsApp Web

Untuk beberapa alasan aneh, ada kalanya WhatsApp versi web terus menyimpan foto dan video yang dihapus . Kami telah memperingatkan bahwa ini tidak selalu terjadi dan kemungkinan menemukan file yang hilang lebih besar ketika mereka baru saja dihapus, tetapi Anda tidak akan rugi apa pun dan proses untuk memverifikasinya sangat cepat dan sederhana.

Anda hanya perlu membuka WhatsApp Web , sebaiknya di komputer. Setelah Anda melakukannya, kode QR akan muncul yang harus Anda pindai dari aplikasi seluler. Dalam kasus iOS, Anda harus pergi ke tab Pengaturan dan menyentuh ikon QR yang muncul di kanan atas, sedangkan di Android Anda harus berada di tab Obrolan , klik pada tiga titik opsi dan kemudian di WhatsApp Web .

Setelah Anda membuka WhatsApp Web, tinggal masuk ke obrolan tempat konten dibagikan dan periksa apakah masih tersedia . Jika demikian, Anda hanya perlu mengunduhnya dan, jika mau, mengirim foto dari komputer ke ponsel .

Pulihkan cadangan

Jika Anda baru saja menghapus foto atau video dan Anda mengaktifkan cadangan Google Drive (Android) atau iCloud (iOS) WhatsApp , kemungkinan besar itu akan tetap ada di cadangan terakhir. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk melihat tanggal dan waktu pencadangan terakhir , sesuatu yang dapat Anda lihat di Android dari Pengaturan > Obrolan > Cadangan dan di iOS dari Pengaturan > Obrolan > Cadangan .

Jika Anda yakin bahwa pada tanggal salinan ini dibuat, Anda telah menerima foto atau video yang Anda hapus, Anda harus memulihkan salinan tersebut. Berita buruknya di sini adalah Anda harus menghapus dan menginstal ulang seluruh aplikasi. Setelah Anda menghapusnya, Anda dapat mengunduhnya lagi dari Google Play (Android) atau App Store (iOS).

Setelah Anda menginstal ulang aplikasi, Anda akan dapat membukanya secara normal dan mengikuti langkah-langkah penyiapan biasa (tambahkan ponsel Anda, verifikasi dengan kode keamanan, pilih nama Anda, dll.). Akan ada titik selama pengaturan awal ini di mana Anda akan diminta untuk memulihkan cadangan terbaru . Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit, selalu tergantung pada ukurannya, tetapi Anda akan memastikan bahwa foto atau video yang Anda hapus akan dipulihkan (jika masih ada saat salinan dibuat).

Menemukan cadangan lama

Jika salinan yang Anda miliki belum menyertakan foto atau video yang Anda hapus, Anda harus memeriksa di antara yang sebelumnya. Jika Anda memiliki ponsel Android , Anda harus menghubungkannya ke komputer melalui kabel dan, saat memasuki penyimpanannya, cari folder WhatsApp dan kemudian Database. Pada titik ini Anda harus mencari file yang muncul dengan nama mgstore.db .

Di Android, Anda dapat sepenuhnya memulihkan cadangan sebelum tanggal tersebut. Di iPhone Anda tidak akan dapat memulihkannya, tetapi Anda akan dapat menemukan file jika salinan dibuat di komputer.

Anda pasti akan melihat bahwa ada beberapa file dengan nama ini dan Anda harus menyimpan hanya satu yang memiliki tanggal yang sesuai dengan tanggal di mana Anda pikir Anda masih memiliki foto atau video yang Anda hapus. Anda harus mengekstrak file itu di komputer dan sekarang Anda dapat memutuskan sambungan ponsel dari komputer. Selanjutnya tinggal menguninstall dan install ulang WhatsApp di HP mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, hanya saja bedanya backup yang akan muncul sekarang bukan yang terbaru, melainkan yang sudah anda extract di komputer. .

Dalam kasus iPhone berbeda , karena file internal tidak dapat diakses dari komputer (bahkan dari Mac). Untuk ini, Anda harus menggunakan alat pihak ketiga, yang ada beberapa opsi. Di sini Anda dapat menggunakan aplikasi Jihosoft iTunes Backup Extractor , yang menawarkan masa percobaan gratis dan dapat diunduh untuk Windows dan Mac dari situs webnya .

Tentu saja, perlu dicatat bahwa metode ini hanya berlaku jika Anda memiliki cadangan sebelumnya di iTunes / Finder yang dibuat di komputer dan bukan di iCloud. Alat ini akan membantu Anda memulihkan obrolan, foto, dan video WhatsApp dengan mudah hanya dengan menghubungkan iPhone ke komputer melalui kabel dan meluncurkan aplikasi. Anda akan melihat langkah-langkah yang harus diikuti ditandai di layar setelah Anda memilih WhatsApp dari opsi pemulihan yang ditawarkannya.

Dalam hal ini, obrolan tidak akan dipulihkan seperti itu di aplikasi WhatsApp, tetapi akan muncul diunduh di komputer Anda. Dalam hal foto dan video, Anda dapat menyimpannya di folder khusus , dan kemudian Anda dapat mengubahnya ke folder lain di komputer Anda atau mengirimnya ke iPhone lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.