Kenapa Tidak Bisa Download di Playstore Padahal Memori kosong

play store

Untuk Anda yang sedang mencari solusi kenapa tidak bisa download di playstore padahal memori kosong, maka Anda sudah tepat berada disini. Silahkan lanjutkan membaca!

Banyak orang yang menggunakan smartphone Android menghadapi masalah bahwa ponsel mereka mengatakan bahwa Anda tidak dapat menginstal aplikasi lagi karena penyimpanan internal penuh meskipun ada banyak ruang kosong di ponsel Anda. Ini terjadi di beberapa smartphone saja dan tidak di semua. Hal ini terjadi karena pada smartphone tersebut, pabrikan telah mempartisi penyimpanan internal perangkat menjadi penyimpanan pengguna dan penyimpanan aplikasi. Saat penyimpanan aplikasi Anda hampir penuh, telepon akan memberi tahu Anda bahwa Anda tidak dapat menginstal aplikasi lagi karena tidak ada ruang kosong di telepon.

Hari ini, dalam artikel ini, saya akan memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah itu di ponsel Anda. Ada beberapa cara untuk memperbaikinya, beberapa sangat sederhana sedangkan yang lain bisa rumit karena hal yang harus Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Hapus Cache

Hal pertama dan terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menghapus cache pada ponsel cerdas Anda. Saat Anda menggunakan aplikasi, aplikasi menyimpan beberapa data di memori cache telepon sehingga dapat mengambil data itu di masa mendatang tanpa kesulitan. Menghapus data ini tidak akan menyebabkan masalah apa pun pada aplikasi apa pun yang Anda gunakan, tetapi hanya akan memaksa aplikasi memuat ulang datanya dari internet. Untuk menghapus cache pada ponsel Anda, buka Pengaturan -> Penyimpanan. Tunggu hingga penyimpanan muncul, dan ketika muncul, klik Cache. Ketika Anda mengkliknya, OS Android akan menanyakan apakah Anda benar-benar ingin menghapus cache pada perangkat. Pilih Ya dan tunggu beberapa detik. Ini akan membersihkan cache Anda dan memberi Anda ruang ekstra untuk menginstal lebih banyak aplikasi.

Pindahkan aplikasi ke Kartu SD

Jika Anda salah satu yang beruntung dan smartphone Anda memiliki kartu microSD, memindahkan aplikasi ke kartu SD mungkin merupakan pilihan terbaik. Banyak smartphone memungkinkan Anda untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, tetapi tidak seluruh aplikasi dipindahkan ke sana. Beberapa file inti tetap berada di memori internal ponsel tetapi banyak data yang dipindahkan ke kartu SD. Untuk melakukan ini, Anda harus pergi ke Pengaturan -> Aplikasi. Dalam aplikasi, pilih aplikasi apa pun yang telah Anda instal dan pilih pindahkan ke SD. Anda akan menemukan opsi ini hanya di ponsel cerdas yang memiliki opsi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Ini pasti akan mengosongkan beberapa ruang di ponsel Anda untuk menginstal aplikasi baru.

Copot Pembaruan untuk Aplikasi Tertentu

Opsi lain yang Anda miliki adalah mencopot pemasangan pembaruan ke aplikasi yang hampir tidak pernah Anda gunakan. Misalnya, jika Anda hampir tidak pernah menggunakan aplikasi peta atau aplikasi lain apa pun yang terpasang di ponsel cerdas Anda, Anda dapat menghapus pembaruan untuk aplikasi itu dan mengembalikannya ke status yang disertakan dengan telepon. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghemat ruang karena ketika Anda menginstal pembaruan, itu membutuhkan banyak ruang yang tidak akan dimiliki aplikasi. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan -> Aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus pembaruannya. Di sini, pilih opsi untuk menghapus pembaruan.

Untuk memastikan bahwa pembaruan tidak pernah diinstal secara otomatis, buka Play Store di ponsel Android Anda dan matikan Aplikasi Pembaruan Otomatis dari pengaturan.

Copot Aplikasi yang Tidak Digunakan

Langkah terakhir namun tidak kalah pentingnya yang dapat Anda ambil untuk mengosongkan ruang di ponsel Android Anda adalah mencopot pemasangan aplikasi yang jarang Anda gunakan. Mungkin ada permainan yang hampir tidak pernah Anda mainkan. Sebaiknya hapus instalan game itu karena hanya menghabiskan ruang di ponsel cerdas Anda. Ini bahkan berlaku untuk aplikasi yang hampir tidak pernah Anda gunakan. Ada banyak aplikasi di smartphone semua orang yang hampir tidak pernah mereka gunakan dan mencopot pemasangan aplikasi tersebut pasti akan membebaskan banyak ruang daripada melakukan hal lain yang tercantum di atas.

Kesimpulan

Dengan menggunakan salah satu cara yang disebutkan di atas, saya harap Anda dapat mengosongkan beberapa ruang di ponsel cerdas Anda untuk menginstal beberapa aplikasi baru. Jika Anda tidak menghadapi masalah seperti itu di ponsel cerdas Anda, mungkin karena ponsel Anda tidak memisahkan penyimpanan menjadi penyimpanan aplikasi dan penyimpanan pengguna. Bagikan artikel ini agar jika ada teman Anda yang mengalami masalah seperti itu, mungkin bisa mengambil manfaat darinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.