Penyebab Batre HP Kembung

batre hp kembung

Banyak hal yang menjadi penyebab batre hp kembung. Jika Anda pernah mengalami kerusakan track pad laptop, casing perangkat melengkung, atau layar ponsel retak meskipun tidak pernah menjatuhkan ponsel, Anda mungkin salah satu dari orang yang tidak beruntung yang menderita baterai lithium-ion yang membengkak. Baterai yang bengkak mungkin tampak seperti masalah kecil, tetapi bisa sangat berbahaya.

Baterai lithium-ion adalah kesayangan teknologi modern tetapi, seperti apa pun, ada pro dan kontra. Di sisi positifnya, mereka ringan, mengandung banyak energi untuk ukurannya, memiliki durasi siklus yang panjang dan umur penyimpanan, cepat untuk diisi ulang, dan memiliki tingkat self-discharge yang rendah.

Kekurangan : mereka tidak menyukai suhu tinggi, jika dibangun dengan buruk, mereka dapat berbahaya untuk diangkut, dan berpotensi memasuki siklus pelarian termal saat berada di bawah tekanan. Ini berarti mereka bisa terbakar. Untungnya, perangkat yang menggunakan baterai lithium-ion harus memiliki sirkuit yang mematikan baterai saat siklus ini terdeteksi.

Apa Penyebab Baterai HP Kembung?

Baterai yang kembung, meskipun tidak umum, merupakan risiko yang signifikan. Mereka adalah hasil dari terlalu banyak arus di dalam sel baterai, yang menyebabkan penumpukan panas dan gas.

Hal ini dapat disebabkan oleh :

  • Pengisian daya yang berlebihan
  • Cacat pabrikan
  • Pelepasan muatan yang dalam, atau
  • Kerusakan pada baterai.

Jika Anda pernah melakukan penerbangan komersial dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan terbiasa dengan instruksi bahwa jika Anda menjatuhkan ponsel, beri tahu awak kabin yang akan mengangkatnya untuk Anda. Meskipun mereka sangat baik, mereka tidak hanya bersikap baik. Jika ponsel jatuh ke dalam mekanisme kursi, itu bisa hancur jika Anda memindahkan kursi Anda. Hal ini dapat merusak baterai lithium-ion yang menyebabkannya menjadi terlalu panas dan terbakar. Bukan sesuatu yang Anda inginkan dalam penerbangan.

Bagaimana Cara Mencegah Baterai HP Kembung?

Dengan bahaya yang mungkin ada, apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak menyebabkan masalah yang lebih besar? Cacat pabrikan adalah sesuatu yang tidak dapat Anda hindari, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan masalah dan memperpanjang usia baterai Anda.

  1. Jangan biarkan perangkat Anda dalam keadaan terpasang. Baterai lithium-ion dimaksudkan untuk berputar – mengosongkan dan mengisi ulang – sehingga menjaganya tetap terpasang sepanjang waktu berarti mereka tidak dapat berolahraga sesuai kapasitasnya. Ini sangat penting untuk baterai HP / laptop yang digunakan di rumah atau di kantor.
  2. Gunakan pengisi daya yang benar. Terkadang pengisi daya asli hilang atau rusak dan yang baru dicari. Memilih opsi yang murah mungkin tampak seperti hal yang baik, tetapi mungkin tidak memiliki output daya yang sama dan dapat merusak baterai atau perangkat Anda, menjadikannya pilihan yang buruk.
  3. Ganti baterai jika sudah rusak atau tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Semua baterai akhirnya gagal, jadi jika tanda-tandanya ada, ambil tindakan dan ganti baterai.
  4. Simpan perangkat di lingkungan yang sejuk dan kering. Mobil panas dan lingkungan lembab adalah musuh kesehatan baterai.

Bagaimana Cara Mengatasi Baterai HP Yang Kembung?

  • Jangan mengabaikannya. Itu tidak akan menjadi lebih baik dan tidak akan menjadi lebih aman. Meskipun perangkat Anda masih berfungsi, baterai harus segera diganti. Menggunakan perangkat atau membiarkannya terhubung ke listrik bisa berbahaya.
  • Hati-hati. Penumpukan gas membuat baterai lithium-ion yang membengkak menjadi rentan karena casingnya mengalami tekanan. Jangan pernah mencoba menusuk baterai untuk melepaskan gas.
  • Keluarkan baterai dengan hati-hati jika memungkinkan. Jika tidak dapat dilepas atau jika Anda merasa ada hambatan saat mencoba melepasnya, hentikan dan bawa ke bengkel resmi. Jika Anda dapat melepasnya, tempatkan dalam wadah di tempat sejuk yang aman. Ini mencegah kerusakan lebih lanjut saat Anda mencari tahu di mana harus mengambilnya.
  • Bawa baterai Anda ke fasilitas pembuangan baterai resmi, bengkel komputer atau telepon. Tempat-tempat ini menawarkan proses daur ulang yang benar untuk memastikan daur ulang atau pembuangan yang aman.
  • Nikmati perangkat Anda dan kebebasan serta kinerja yang ditawarkan oleh baterai lithium-ion, tetapi perlu diketahui bahwa mereka harus diperlakukan dengan hati-hati.

Cara Mengempiskan Baterai hp yang Kembung

Anda tidak dapat memperbaiki baterai ponsel, bahkan berbahaya untuk memanipulasinya. Jika Anda mencurigai atau yakin bahwa baterai perangkat Anda kembung, lanjutkan untuk melepasnya karena jika tidak, dapat merusak ponsel Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.